Advertiser

Breaking News

dr. M Taufik A Pohan, SpJP


dr. Pohan, SpJP
Sejak remaja, ia hobi main basket. Usia 40, ia cidera lutut. “Sekarang olahraga saya bersepeda dan treadmill. Istilah kerennya cross training (menggabungkan dua jenis olahraga), supaya tetap sehat,” jelas dr. M Taufik A Pohan, SpJP, dari RS Pondok Indah, Jakarta.
Ayah 2 anak ini, saat penghasilannya masih kecil, sudah membeli treadmill. Rumah kecil, membuat treadmill ditaruh dekat meja makan dan pesawat TV. “Untuk antisipasi. Kami delapan bersaudara, hampir semuanya sakit jantung.” 
Ia tidak merokok. Namun faktor risiko riwayat keluarga tak dapat diubah. Saat CT scan diketahui ada penyempitan pembuluh darah jantung 30%. Risiko juga datang karena stress, bila tengah malam harus ke rumah sakit untuk melakukan tindakan. Mengingat kesehatannya, ia hanya praktek di satu rumah sakit. “Entah kalau nanti RSPI buka di Bintaro, yang tidak terlalu jauh dari rumah.”
Bersepeda santai sekitar tempat tinggal sangat mengasyikkan. “Bersepeda dengan track yang sulit, seperti jalur pipa atau track naik turun, tidaklah,” ujarnya. Ia  memiliki 4 sepeda, agar anak istri bisa ikut bersepeda. Hanya saja, “Memotifasi anak untuk bersepeda susah. Alasan istri lain lagi, takut hitam.”
Ketika PTT di Timor-Timur tahun 1987, ia sempat dikabarkan meninggal. Ceriteranya, ia cuti ke Jakarta. Berbarengan kepergiannya ke Jakarta, Puskesmas tempatnya bertugas mendapat panggilan untuk menolong pasien melahirkan. Mantri berangkat bersama supir ambulance.
Dalam perjalanan, di malam hari, ambulance terjebak di sungai. Ketika itu Timtim masih wilayah RI dan masih terjadi konflik. Supir memaksa mobil bergerak. Knalpot bocor dan gas CO2 masuk ke ruang kemudi. Supir dan mantri meninggal di tempat. “Warga mengira yang meninggal  itu saya.”
Di Timtim, dokter sangat dihormati penduduk setelah Pastur. “Kalau mobil dokter mogok, warga langsung membantu.” (ant)

1 komentar

Anonim mengatakan...

Greetings! Very helpful advice in this particular post!
It is the little changes that make the largest changes.
Many thanks for sharing!