Advertiser

Breaking News

Dr. dr. AAGP Wiraguna, SpKK (K) FINSDV, FAADV



Paling kanan Dr. Wiraguna
Saat sembahyang ada semut menggigit, apa yang dilakukan? “Saya biarkan meski terasa sakit,” ujar Dr. dr. AAGP Wiraguna, SpKK (K) FINSDV, FAADV. Baginya, binatang juga makhluk Tuhan yang perlu diperlakukan dengan penuh kasih sayang.
Kepedulian terhadap sesama makhluk, ia praktekkan. “Lulus dokter umum, kalau ada 5 pasien datang yang 2 tidak saya suruh bayar,” jelasnya. Itu dilakukan saat tempat prakteknya bersebelahan dengan pasar loak.
Ayah satu anak dan kakek 2 cucu ini sempat konflik batin ketika berkata kepada pasien, “Ya sudah, tidak usah bayar.” Sisi batin yang baik memang, setelah berpikir bahwa dengan menarik bayaran, ia tidak bakal kaya. Sebaliknya, tidak akan miskin dengan tidak meminta bayaran.
Semula, ia ingin menjadi dokter bedah atau spesialis obgin. Sebagai dokter spesialis obgin harus siap kapan pun dipanggil ke rumah sakit. Dokter bedah juga harus siap melakukan tindakan emergency 24 jam/hari. Sepertinya, “Fisik saya tidak memungkinkan.” Ia pun mengambil spesialis kulit kelamin. Di sini, meski ada kasus bedah atau emergency, seperti kasus Stevens-Johnson Syndrome (SJS), jumlahnya  tidak banyak.
Ia merasa menjadi manusia seutuhnya di Timor Timur, ketika wilayah ini masih bagian dari NKRI. Ia dibutuhkan oleh banyak orang, sehingga tugas  satu tahun menjadi 3 tahun. “Kalau kita bangun pagi tidak tahu apa yang harus dikerjakan, kita tidak berarti apa-apa. Ketika bangun tidur orang sudah antri di depan pintu, hidup kita sangat berarti bagi orang lain,” jelasnya.
Di sela kesibukan, ia masih hobi membaca dan menyanyi. Saat mahasiswa, ia menjadi vokalis dan di Timtim, “Kalau pesta orang berdansa dan bernyanyi malam sampai pagi.” Sesekali, ia main gitar menyanyikan lagu kesayangan My Way dari Frank Sinatra. Jenjang S3, ia mendalami masalah aging. “Penuaan dini bisa karena lingkungan, misal paparan sinar matahari yang meningkatkan radikal bebas. Upaya terbaik adalah dengan pencegahan.” (ant)

Tidak ada komentar