Advertiser

Breaking News

Bahaya Kematian Akibat Permainan Pass Out Challenge atau Skip Challenge



Pass out challenge atau skip challenge belakangan ini marak diperbincangkan di media sosial. Permainan yang dilakukan dengan cara menekan dada dengan keras dan dilakukan dalam beberapa waktu ini ternyata berbahaya bagi kondisi kesehatan bahkan dapat mengakibatkan kematian.

Pass out challenge atau di beberapa negara lain dikenal dengan pass out game ini, sesungguhnya menciptakan kondisi hipoksia (kekurangan oksigen), dikarenakan tekanan tangan rekan yang melakukan permainan ini menyebabkan berhentinya otot dada bergerak. Yang selanjutnya mengurangi suplai oksigen ke otak, dan mengakibatkan hilangnya kesadaran. Kondisi ini serupa dengan orang yang mengalami serangan jantung.

Permainan yang mulai dilakukan sekitar tahun 2014 diberbagai belahan dunia, termasuk Indonesia belakangan ini, setidaknya sudah merenggut nyawa bocah laki-laki 11 tahun asal South Carolina, Amerika Serikat bernama Da'Vorious (Chi Chi) Gray.

Dr. Nick Flynn, dari Union Quay, Medical Centre mengatakan yang terjadi pada otak saat melakukan permainan skip challenge sebenarnya mirip dengan seseorang yang sedang tenggelam, tersedak atau mengalami serangan jantung.  “Kondisi itu menyebabkan hipoksia pada otak atau kadar oksigen sangat rendah yang dapat memicu kejang bahkan kematian.” (ant)

Tidak ada komentar