Advertiser

Breaking News

dr. Antonia Anna Lukito, SpJP, FIHA, FICA, FAPSIC, FSCAI

dr. Antonia Anna Lukito
“Bila wanita hamil merasa cepat lelah, sesak nafas terutama saat tidur, batuk-batuk dan kualitas tidur buruk, mungkin yang bersangkutan mengalami masalah jantung,” ujar dr. Antonia Anna Lukito, SpJP, FIHA, FICA, FAPSIC, FSCAI. Kondisi ini, selain dapat mengancam nyawa sang ibu, bisa berakibat bayi lahir prematur dan bayi berat lahir rendah.

Dokter kelahiran Jember, 17 September 1962 ini selalu bersemangat bila berbicara mengenai kesehatan jantung dan pembuluh darah wanita Indonesia. Begitu juga saat memberikan presentasi di acara Annual Scientific Meeting of Indonesian Heart Association (ASMIHA) 2016. Ia selalu aktif memberi edukasi mengenai masalah jantung kepada perempuan. Sejak tahun 2012, bersama sejawat di Perhimpunan Dokter Spesialis kardiovaskular Indonesia (PERKI),Kami adakan seminar bagi ibu-ibu Dharmawanita di seluruh Indonesia, bekerjasama dengan Yayasan Jantung Indonesia.” Edukasi juga diberikan kepada dokter umum.

Ketua Pokja Kardiologi Wanita di PERKI ini menyatakan, hormon estrogen mampu melindungi wanita dari penyakit jantung. Namun pasca menopause, penyakit jantung lebih berbahaya pada perempuan daripada laki-laki. “Pada laki-laki, umur 45 bisa kena penyakit jantung. Perempuan lebih lama, umur 55, atau sesudah menopause baru kena penyakit jantung. Dan, penyakit jantungnya lebih berbahaya dan mematikan.

Pencegahan menjadi hal yang harus diperhatikan. Gaya hidup sehat harus dilakukan sejak muda. Jangan sampai, karena risiko penyakit jantung rendah, wanita tidak melakukan gaya hidup sehat.Jaga berat badan, olahraga teratur, kurangi asupan gula dan garam. Itu penting untuk hindari risiko penyakit jantung."


Organisasi profesional di bidang penyakit jantung dan kardiovaskular, memiliki divisi atau pokja kesehatan jantung perempuan. “Mereka punya identitas sendiri, dengan logo atau simbol masing-masing,” jelasnya. Ia mendesain sendiri logo tersebut, menggabungkan dua unsur simbolik wanita Indonesia yakni kebaya dan kain batik. (ant)

Tidak ada komentar