Advertiser

Breaking News

Siaran Pers - Sirkumsisi, Bukan Asal Potong

Siaran Pers                                                                                                                                Dapat Diterbitkan Segera

Sirkumsisi, Bukan Asal Potong

             
Dr. Mahdian Nur Nasution SpBS
Yogyakarta, 28 Februari 2016 - Sirkumsisi atau khitan atau sunat seringkali merupakan momok bagi anak laki-laki di Indonesia. Rasa takut akan sakit kerap menghantui anak sebelum dan selama prosedur khitan dilakukan. Rasa takut ini juga dapat dihadapi oleh orang tua si anak. Bukan takut anaknya merasa sakit, melainkan takut hasil sunat tidak indah secara kosmetik. Bagi mereka, hasil khitan menentukan ‘masa depan’ si anak.

Perlu diindahkan
                Sirkumsisi adalah tindakan untuk membuang kulup (prepusium), yaitu kulit yang menutupi kepala penis. Tindakan ini umumnya dilakukan atas latar belakang budaya dan agama, meski belakangan sudah banyak juga pria yang melakukannya dengan alasan kesehatan. Dalam melakukan sirkumsisi ini, dokter perlu memerhatikan teknik yang digunakan untuk menghindari cedera, perdarahan berlebih, dan menghindari komplikasi lainnya. Namun, segi kosmetik hasil sirkumsisi sering terlupakan, bahkan bervariasi satu dengan lainnya.
                Untuk mendapatkan hasil sirkumsisi yang indah secara kosmetik, baik saat ereksi ataupun tidak, diperlukan tingkat keahlian dan kecakapan yang tinggi. Hasil ini dapat dicapai oleh dokter yang sudah berpengalaman atau oleh ahli bedah plastik. Dokter bedah plastik umumnya melakukan sirkumsisi dengan menggunakan scalpel, tidak lagi menggunakan gunting atau elektrokauter. Seperti yang dilakukan oleh ahli bedah plastik J. Francois Eid. Dr. Eid, membuka kepala penis dengan cara membuang sebagian kulit di bagian pangkal penis, bukan pada prepusium. Untuk memperindahnya, dr. Eid bahkan melakukan induksi agar terjadi ereksi sebelum sirkumsisi dilakukan. Dengan demikian, panjang kulit yang dibuang dapat ditentukan secara tepat. Hasilnya, kulit tidak terlalu longgar ataupun terlalu banyak dibuang dan tampak bagus saat terjadi ereksi.
Dikatakan oleh dr. Mahdian Nur Nasution SpBS, dalam acara Launching Mahdian Klem di  Hotel Ceilendra Prime, Yogyakarta, sirkumsisi yang baik diharapkan tidak hanya mempermudah pria dalam membersihkan penis, tetapi juga meningkatkan kepuasan seksual dan rasa percaya diri pemiliknya. Hal ini terlihat pada hasil studi yang dilakukan di Tanzania. Rasa percaya diri ini tentu juga akan meningkat jika hasil sirkumsisi baik dari segi estetik.
Hasil sirkumsisi yang baik secara estetik juga akan memengaruhi seseorang dalam pemilihan teknik dan tempat untuk melakukan sirkumsisi. Studi yang dilakukan oleh Tsikopoulos dkk, juga menyimpulkan bahwa pada daerah dengan tingkat sirkumsisi rendah atau bukan atas latar belakang agama, pasien dan keluarganya akan mengharapkan hasil sirkumsisi yang lebih baik secara estetik.

Teknologi sirkumsisi modern mempermudah dokter mencapai hasil kosmetik yang baik
                Idealnya, semua pasien berhak mendapat hasil sirkumsisi yang baik secara kosmetik. Meski demikian, sirkumsisi biasanya dilakukan oleh dokter umum yang masih kurang memerhatikan faktor estetik dan tidak seterampil dokter bedah plastik. Walau demikian, saat ini telah tersedia sejumlah teknik sirkumsisi modern yang dapat memberikan hasil sirkumsisi yang baik secara kosmetik dengan cara yang cukup mudah.
               
Pemaparan oleh Ibu Dewi dari PT Visi Sejahtera Medika
Salah satu teknik sirkumsisi modern yang dapat memberikan hasil sirkumsisi yang secara estetik baik di antaranya adalah teknik klem. “Selain praktis, klem sekali pakai juga mudah digunakan oleh dokter umum sekalipun. Cukup dengan menjalani pelatihan khusus, dokter umum dapat melakukan sirkumsisi dengan hasil yang tidak kalah rapinya dengan dokter berpengalaman” ujar dr. Mahdian, dihadapan 120 dokter umum dan perawat yang mengikuti pelatihan dan workshop sirkumsisi menggunakan Mahdian Klem.
                Studi yang dilakukan di Turki oleh Aldemir dkk, menunjukkan bahwa sirkumsisi pada bayi dan anak-anak dengan menggunakan klem sekali pakai lebih cepat dibandingkan teknik konvensional dan memberikan hasil yang lebih baik secara kosmetik tanpa meningkatkan morbiditas.
                Studi lain di Negara yang sama oleh Senel dkk menunjukkan bahwa tindakan sirkumsisi pada pria dewasa dengan menggunakan klem sekali pakai memiliki tingkat komplikasi yang rendah tanpa komplikasi jangka panjang dan meningkatkan fungsi seksual.
                Teknik klem sendiri masih belum banyak dikuasai oleh dokter umum walau telah cukup populer di masyarakat. Saat ini, teknik klem baru tersedia di sejumlah pusat layanan sunat dan dokter pribadi. Di Indonesia, teknik klem dipopulerkan oleh Rumah Sunatan yang didirikan oleh dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS. Untuk memenuhi permintaan masyarakat atas kebutuhan sunat yang aman dan memberikan hasil kosmetik yang baik, saat ini Rumah Sunatan membuka kesempatan kerjasama dalam bentuk waralaba maupun kerjasama operasi (KSO).
Pelatihan dan workshop sirkumsisi yang bertujuan mengedukasi serta meningkatkan kompetensi para dokter dan perawat mengenai teknik sirkumsisi modern di Yogyakarta diselenggarakan PT. Visi Sejahtera Medika, bekerja sama LPPK Prime Elite Institute didukung oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) cabang Yogyakarta.  
Untuk menambah wawasan dan pengetahuan dibidang perawatan luka paska sirkumsisi, turut hadir sebagai pembicara Ibu Ns. Indaryati, SKep, RN, selaku CEO Griya Puspa (Pusat Perawatan Luka dan Stoma).
Dalam acara yang dibuka oleh CEO LPPK Prime Elite Institute Bapak Toto Dinar Wijaksono AMK. PT Visi Sejahtera Medika, memberi kesempatan seluas-luasnya bagi para peserta pelatihan untuk bergabung menjadi sub-distributor maupun reseller Mahdian Klem.

Tentang Mahdian Klem
Sebagai alat sirkumsisi modern, Mahdian Klem memiliki 3 komponen utama, yaitu: (1) Tabung bagian dalam, (2) Penjepit klem, dan (3) Sekrup pengunci. Tabung bagian dalam dari Mahdian Klem terbuat dari bahan polycarbonate. Proses pembuatan dengan teknologi tinggi menjadikan bagian permukaan dan tepi tabung sangat halus dan tidak tajam. Tabung ini juga memiliki pelindung frenulum (frenulum protector) uang didesain dengan tujuan menghindari pasien dari kesulitasn berkemih dan mencegah terjadinya luka dehiscen terutama di daerah bawah (arah jam enam). Pada kedua sisi tabung terdapat tube hole, yaitu lubang yang berfungsi untuk memudahkan penarikan prepusium, menjaga luka tetap lembab sebagai sayarat utama penyembuhan luka dan memudahkan perawatan/pembersihan luka pasca sunat.
Foto bersama narasumber
Bagian penjepit pada Mahdian Klem terbuat bahan polycarbonate khusus berkualitas tinggi. Hal ini menjamin produk klem yang dihasilkan lebih kuat, kokoh, memiliki daya jepit maksimal tetapi tetap ringan. Adanya steering notch pada bagian penjepit, secara otomatis memudahkan pemasangan tabung bagian dalam. “Daya jepit yang kuat menghasilkan nekrotik yang tipis sehingga luka khitan lebih cepat sembuh,” jelasnya. Dengan kata lain, pasien akan memiliki hasil sunat yang lebih baik secara estetik.
Sekrup pengunci Mahdian klem terbuat dari polyprophylen, sehingga memiliki daya kunci yang kuat dan memungkinkan pemotongan prepusium di zero point sehingga nekrotik lebih tipis hanya 1 mm saja. Berbeda dengan klem lain yang umumnya meninggalkan jaringan nekrotik minimal 2 mm. Sistem penguncian searah (irreversible) menjadikan Mahdian Klem tidak memungkinkan digunakan berulang kali sehingga meminimalkan kemungkinan infeksi silang ataupun penurunan kualitas sunat.
Mahdian Klem (Mklem), diproduksi oleh PT. Klamp Alkes Indonesia.  Selain didesain dengan memperhatikan kemudahan apilikasi, keamanan dan kenyamanan anak. Mklem, merupakan produk klem satu-satunya yang didesain meyesuaikan anatomis penis anak Indonesia.

MKlem telah di ujicobakan penggunaannya di jaringan Klinik Rumah Sunatan seluruh Indonesia dengan hasil cukup menggembirakan bagi kalangan praktisi khitan karena sangat mudah dan cepat, minimal pendarahan, proses penyembuhan luka lebih cepat, higienis dan aman. Selain memiliki kualitas yang baik Mklem dipasarkan oleh PT. Visi Sejahtera Medika dengan harga cukup ekonomis.

1 komentar

Anonim mengatakan...

Hey! Do you use Twitter? I'd like to follow you if that would be okay.
I'm definitely enjoying your blog and look forward to new posts.