Advertiser

Breaking News

Dr Susanti Kusumo Budiarti, SpOG


dr. Susanti Kusumo Budiarti
Keinginannya setelah lulus dokter langsung mengambil spesialis terkabul. “Kebetulan selesai dokter umum, ada peraturan baru, dokter umum boleh langsung mengambil spesialis tanpa PTT,” ujar dr. Susanti Kusumo Budiarti, SpOG, yang praktek di RS Hermina Podomoro, RSB Alvernia Agusta, dan RS Antam Medika, Jakarta.

Ia terpikir untuk mengambil spesialis obgin seperti almarhum ayahnya dr. H Admiral Marzuki, SpOG. Sempat terbesit dalam pikirannya, menjadi dokter obgin risikonya besar karena harus memikirkan bagaimana menolong 2 nyawa (ibu dan bayi). “Kalau saya diterima di obgin, berarti memang jalan saya di situ. Semua saya serahkan kepada Allah,” ujarnya. Risiko harus sering keluar malam terutama untuk kasus emergency, jarang di rumah, ia kesampingkan demi tujuan mulia: menolong sesama.

Hal paling mengembirakan bagi ibu dua anak ini adalah saat menolong persalinan, “Saya senang kalau melihat ibu bayi berwajah bahagia, tertawa. Saya ikut terharu dengan kelahiran anaknya,” ujarnya. Ada perasaan bersyukur ketika bisa membuat pasien dan keluarga bahagia, di lain pihak ia merasa berguna bagi banyak orang.

“Sebenarnya, saya hanya mengiringi dan menemani para ibu. Karena, menurut saya, para ibu itu sendiri yang hebat dan kuat. Saya bisa melihat perjuangan, kesakitan dan kesabaran ibu saat melahirkan.” Sesekali ada juga yang lucu. Melihat isteri kesakitan sampai menangis, “Eh, suaminya ikut menangis.”

Di sela-sela kesibukannya, dokter satu ini punya segudang hobi. “Terus terang, hobi saya suka mencoba-coba.” Ia selalu berpikir, jika orang lain bisa, kita juga bisa melakukannya. “Saya pernah mencoba menyulam, merajut, membuat tas dari manik-manik, bahkan merias wajah.”

Semuanya mulai ditinggalkan, karena tidak ada waktu. Sebagai ibu rumah tangga, ia sekarang senang mencoba resep-resep masakan baru. “Sering gagal, korbannya suami dan anak. Mungkin nggak bakat, ya” ia tertawa. Atas pengalamannya ini, ia salut pada ibu-ibu yang pandai memasak untuk keluarga. (ant)

2 komentar

Unknown mengatakan...

Asalamualaikum dok, sekarang praktek dimana dok? saya dengar sudah tidak praktek di RSB Alvernia Agusta ya? menanti kehamilan anak ke dua ingin periksa sm dokter saja hehe. mohon infonya dok. trims

Yulianto mengatakan...

Dokter Susanti saat ini Praktek di RS Antam Medika dan RS Hermina Podomoro, Sunter. Terimakasih