Advertiser

Breaking News

dr. W. Andralia Kartolo MSc(UK), DLSHTM, Acp

dr. Andralia Kartolo
“Saya orangnya tidak mau tinggal diam. Setiap ada waktu, saya berusaha melakukan sesuatu yang bermanfaat. Hal kecil misalnya membaca buku; itu membuat saya nyaman ketimbang ngobrol tapi tidak jelas tujuannya,” ungkap dr. W. Andralia Kartolo MSc(UK), DLSHTM, Acp, di tempat prektek pribadinya di Jakarta Pusat.
Ia termasuk segelintir dokter di Indonesia yang tertarik dan menekuni bidang antiaging medicine. Tempat prakteknya tidak sepadat praktek klinik dokter 24 jam. “Yang penting bukan kuantitas, tetapi kualitas,” paparnya. Banyak pasiennya yang berkebangsaan Amerika Serikat, Australia dan Swiss.
Ia sedang menempuh studi di Universitas Indonesia, mengambil bidang studi Program Biomedik, dan fokus mendalami stemcell kanker.  Katanya, “Saya paling tidak bisa melihat orang menderita.”
Saat bekerja di Rumah Sakit Harapan Bunda, Jakarta, tepatnya di bagian Pelayanan Medis, ia tidak jarang mendapat pasien yang dikonsul oleh dokter UGD untuk mendapatkan bantuan karena masalah biaya. “Karena saya tidak tega, saya terima. Kadang saya iklas saja membantu pasien, dengan mengorbankan gaji saya.”
Sempat menjalani pendidikan di London School of Higine and Tropical Medicine, ia ingin  mendidikasikan ilmunya untuk orang lain. Caranya dengan memberi edukasi pentingnya menjaga kesehatan sejak dini, dan menjalani hidup sehat. “Kalau sehat jasmani, aura kecantikan otomatis akan terpancar,” jelasnya. Maka, ia bersemangat ketika diminta menjadi narasumber beberapa media di Jakarta, membahas mengenai masalah kesehatan.

 Wanita yang hobi dancing ini berharap, masyarakat Indonesia semakin mengerti dan cerdas terutama dalam merawat diri sendiri dan keluarga. “Dengan demikian kita bisa membantu negara, karena bisa menghemat budget di bidang kesehatan yang besar, terutama untuk pengobatan penyakit. Dana bisa dialihkan pada bidang pendidikan.” Kelahiran Pontianak 1972 ini berharap, kualitas hidup manusia Indonesia semakin lebih baik, sehingga dapat berkompetisi di dunia Internasional. (ant)

Tidak ada komentar