Advertiser

Breaking News

Alexander Ecker

Alexander Ecker
Setiap bangun tidur, Managing Director PT. Resindo Medika Alexander Ecker,  merasakan “Badan saya terasa capek.” Istri nya juga mengeluhkan, “Saya kalau tidur mendengkur dan sering mengalami henti nafas.  Dan beliau berfikir sepertinya ada yang salah dengan keadaan tersebut .”
Tahun 2004-an, beliau pun melakukan Sleep Test di Singapura. Di Indonesia ketika itu belum ada rumah sakit yang memiliki Sleep Laboratory untuk memeriksa gangguan tidur. Diketahui, “Saya mengalami Severe Obstructive Sleep apnea (OSA).“ Dokter  menyatakan agar jangan khawatir, karena kondisi itu bisa diatasi dan ada solusinya. “Saya diperkenalkan dengan alat CPAP (continue positive air way pressure),” jelasnya.
Tanpa ragu, beliau tidur menggunakan CPAP dan saat bangun, beliau merasa kondisinya lebih nyaman dan bugar dan tidak lagi merasa lelah. Setelah kembali ke Jakarta, beliau bertanya-tanya: di mana alat CPAP bisa diperoleh di Indonesia dan jika sekali waktu alat ini bermasalah, ke mana harus diperbaiki? Dari situ lah beliau berinisiatif Mendirikan PT. Resindo Medika,  perusahaan yang focus di breathing disorders.
Banyak kendala yang dihadapi, sehingga perusahaan berkembang sangat lambat. Tidak mudah, memang, memperkenalkan produk baru kepada dokter. Ditambah lagi, masyarakat menganggap mendengkur atau gangguan tidur lainnya adalah hal yang tabu untuk di bicarakan. “Orang Indonesia merasa malu membicarakan soal mendengkur,” beliau tertawa.
Sebaliknya di Eropa, tempat beliau dibesarkan, masyarakat sudah tidak malu-malu membicarakan bahkan berdiskusi secara terbuka. “Mendengkur adalah pertanda bahwa seseorang mengalami gangguan tidur. Sedangkan, sekitar sepertiga dari kehidupan kita untuk tidur. Jika tidur bermasalah, akan berdampak buruk pada kehidupan kita,” katanya.
Seiring berjalannya waktu, makin banyak anggota masyarakat yang mengerti mengenai bahayanya gangguan tidur. Usahanya kini berkembang cukup pesat, berkat kerja sama dengan tenaga medis dan perusahaannya memberi layanan pelanggan 24 jam/hari. “bila user mengalami masalah dengan mesin yang digunakannya ,Sleep Technician akan  siap membantu. Via online, telepon atau lainnya.” (ant)

Tidak ada komentar