Advertiser

Breaking News

dr. A.Y Haryanto Rahardjo, SpPD-KGEH


dr. A.Y Haryanto Rahardjo
Tak banyak yang tahu jika hepatolog satu ini seorang musisi serba bisa. Ia piawai memainkan alat musik seperti keyboard, gitar dan harmonika. “Saya setidaknya sudah tiga tahun manggung di TVRI, untuk mengisi acara musik country,” ujar dr. A.Y Haryanto Rahardjo, SpPD-KGEH. Hobi musik sudah sejak masih kecil. “Saya bisa main gitar sejak di  SMP.”
Mengapa memilih musik country, menurutnya, karena musik ini banyak memberi pesan-pesan moral, yang sesuai dengan kata hatinya. Ciri khasnya adalah konstum yang unik, dan ia memiliki beberapa. Dulu, mencari konstum country di Indonesia agak sulit. Ia biasa membelinya ketika berlibur atau mengikuti simposium di Negara, seperti China, Thailand dan Jepang. “Terkadang ada pasien yang langsung membelikan sebagai cindera mata, ketika mereka ke Australia atau Amerika, ketik tahu saya hobi main musik country,” katanya.
Pemusik country idolakan adalah Don Williams, dengan lagunya “You’re  My Best Friends.” Ia bisa menyanyikan lagu ini dengan fasih. “You're my bread when I'm hungry, You're my shelter from troubled winds, You're my anchor in life's ocean, But most of all you're my best friend.”
Musik country, “Mirip-mirip dengan musik pop dan rock. Musik ini selalu menggunakan cord 3 jurus.” Ketika mempelajari sebuah lagu yang akan di mainkan, ia biasa menggunakan gitar atau keybord, untuk mencari pakem cord dari lagu tersebut, bisa di rumah atau di studio tempat ia dan rekannya berlatih. Karena seringnya main musik di rumah, “Cucu saya yang berusia 2 tahun hapal lirik lagu yang sering saya mainkan. Ha ha ha.”
Baginya, musik merupakan bahasa universal. Yang terpenting dalam musik adalah pesan yang ingin disampaikan, baru kemudian teknik dan yang terakhir art. Menurutnya, musik country pertama kali diciptakan bukan sebagai seni visual, melainkan sebagai seni audio. Dari tahun ke tahun, untuk menarik perhatian, dibuatlah ornamen menarik. Mulai dari dansa setiap kali musik dinyanyikan hingga konstum koboi, yang sekarang sudah menjadi pakem musik country. Harapannya kian banyak orang yang melihat, menikmati dan menghayati pesan yang disampikan. (ant)

1 komentar

Miracle mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.