Advertiser

Breaking News

dr. Rachmad Wishnu Hidayat, SpKO

”Don’t judge the book by its cover only,” ujar dr. Rachmad Wishnu Hidayat, SpKO. Ia punya pengalaman. Hobinya nge-gym menjadikanya tampak sehat dan awet muda. Namun, pasien dan sejawat dokter sering under estimate. Beberapa pasien memanggil bukan dengan sebutan dokter tapi “mas” , karena wajahnya yang masih keliatan muda. Ia mengangap ini sebagi tantangan.
Menurutnya, selama kita bisa bekerja secara professional dan bersikap baik, banyak pihak yang akhirnya akan memuji. Ia berterus terang bahwa rahasianya awet muda, karena rajin olahraga. Mengapa menjadi dokter spesialis kedokteran olahraga, karena dinilainya sangat unik dan lain dari yang lain. Di Eropa dan Amerika Serikat, bidang ini sudah sangat maju. Di Indonesia, kedokteran olahraga berpotensi dan strategis untuk ikut menciptakan manusia yang unggul, kompetitif dengan produktivitas tinggi.
Awalnya, ia tidak terpikir menekuni ilmu kedokteran olahraga. Di bulan-bulan terakhir masa studi, ia gemar olahraga terutama nge-gym. “Kebetulan, di komplek saya tinggal ada sport center,” ujarnya. Kenapa rajin nge-gym, karena ia bosan diledeki teman-teman yang melihat badanya kurus dan ceking. Saat nge-gym, ia banyak mendapatkan teman baru, yang umumnya punya masalah kesehatan seperti obesitas atau underweight.
Saat konsultasi ke dokter, mereka dianjurkan untuk olahraga. Namun, banyak yang tidak paham bagaimana berolahraga yang baik, benar dan aman, karena dokter tidak memberi informasi yang memadai. Temannya yang obesitas latihan jogging, merasa sangat lelah dan nyeri pada sendi lutut, karena dokter menyuruh jongging  sekitar 30 menit. Ia tergerak dan termotifasi untuk mendalami bidang ini,  untuk membantu orang lain agar dapat berolahraga secara baik, benar dan aman.
Selain hobi nge-gym, ayah satu anak puteri ini punya hobi lain: berkebun, hiking, dan kolektor perangko. Ia senang hiking, karena indahnya alam pegunungan dapat mengusir stress. Kapan hiking lagi? “Mau, kalau ada yang ngajak.” Makanan kesukaannya adalah makanan Sunda dan es teler. Tahun  depan, ia berniat mengikuti pemilihan model Men’s Health atau L-Men. Siapa tahu menang.

Tidak ada komentar